Sabtu, 14 Juli 2012

Efek Televisi

Hampir semua manusia diseluruh dunia memiliki televisi (TV) dirumahnya masing-masing, bahkan televisi juga terkadang kita temui ditempat-tempat umum. Sebagai salah satu media hiburan TV lebih popular dibanding yang lain seperti radio dan majalah. Selain media ini bisa menampilkan objek yang bergerak dan berbagai acara yang menarik, TV juga sangat mudah untuk dimiliki dan bersifat tahan lama. Beda dengan radio yang hanya menghasilkan suara sehingga terkadang hanya pada saat-saat tertentu didengarkan, begitupun dengan majalah yang diminati sebagian kecil oleh manusia karena majalah lebih bersifat tidak tahan lama dan sulit untuk ditemukan.

Beragamnya acara yang dihadirkan dalam tayangan TV membuat orang terkadang berada lama depan TV. Banyaknya statsiun televisi yang berlomba-lomba menyuguhkan acara mulai dari tayangan berita, pendidikan, anak dan Film sehingga menyedot minat yang besar untuk menonton TV. Tak banyak manusia lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton siaran televisi dari pada mendengarkan radio atau membaca majalah.

Banyak sekali informasi yang diterima dari tayangan televisi, misalnya orang bisa mengetahui kabar berita terkini diseluruh dunia, bisa mengetahui info tentang olahraga bahkan ada chanel yang khusus menghadirkan tentang dunia olah raga. Bagi anak-anak TV adalah media yang paling disukai karena bisa melihat tayangan kartun dan semua hal yang berhubungan dengan dunia anak. Dan bagi para wanita acara Gosip, sinetron dan fashion menjadi acara favorit sehingga terkadang lupa dengan tugasnya.

Tahukah anda selain menyuguhkan berbagai macam informasi dan hiburan, Ternyata televisi juga berdampak negatif bagi manusia. Pengen tau apa saja yang ditimbulkan dari menonton TV?


efek negatif nonton televisi

Efek Negatif Televisi

  • Kelebihan berat badan atau obesitas. Terkadang dengan menonton TV orang bisa menghabiskan waktu 6 jam duduk depan televisi. Kurang geraknya seseorang mengakibatkan berat badan naik.
  • Kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena pengaruh pola hidup. Saat depan televisi terkadang kita menjadi malas untuk mengerjakan sesuatu dan mengakibatkan sikap fasip kita dan mengakibatkan tubuh menjadi tidak sehat.
  • Kesehatan mata terganggu. Mata adalah penting saat menonton TV. Jarak yang tidak pas dalam menonton TV bisa mengakibatkan rusaknya mata kita. Bahkan salah satu wanita di Taiwan harus kehilangan mata nya saat dia menonton tayangan film korea secara terus menerus selama 70 jam.
  • Sugesti dan gaya hidup remaja. Sebagai media yang paling diminati, TV juga menyampai informasi yang paling cepat di banding yang lain. Banyak acara remaja yang ditayangkan ternyata berpengaruh pada mental dan gaya hidup remaja. Meniru tyle atau kebiasaan para idola sungguh berpengaruh negatif untuk perkembangan hidup remaja.

Itulah sebagian kecil efek yang bisa ditimbulkan oleh Tayangan TV, masih banyak efek yang lain yang berpengaruh negative. Tentunya tidak akan berguna sebuah Televisi yang ada di rumah apabila tidak dihidupkan dan tidak ditonton. Nah untuk mensiasati dampak yang buruk, maka menontonlah dengan wajar, atur waktu menonton dan jarak yang ideal menonton TV.

Dampingi anak saat menonton tv dan pilihlah acara yang tepat bagi mereka sehingga tidak merusak mental dan otak mereka. Karena selain berdampak buruk tidak bisa dipungkiri kita juga membutuhkan TV sebagai media informasi yang gampang dan menarik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar